• (031) 9942 2222
  • info@skin-a.co.id

Apa Saja Dampak Radiasi Layar Gadget pada Wajah?

Pada zaman modern ini, kegiatan kita banyak terpusat pada alat-alat elektronik, terutama smartphone dan laptop. Terlebih sejak pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk physical distancing dan melakukan segala aktivitas dari rumah, termasuk belajar dan bekerja dari rumah (WFH). Mau tak mau, segala kegiatan dan komunikasi dengan rekan kerja atau mengerjakan tugas, jadi dilakukan secara online, menggunakan gawai (gadget). Namun, apakah Beauties tahu bahwa penggunaan perangkat gawai dapat memberikan dampak buruk bagi kulit kita termasuk kulit wajah?

 

Setiap perangkat gawai, seperti laptop, smartphone, tablet, dan sejenisnya dapat memancarkan sinar biru atau blue light. Blue light sendiri sebenarnya adalah salah satu sinar natural yang juga ada pada sinar matahari, yang sering kita kenal dengan sebutan sinar UV atau ultraviolet. Meskipun porsinya jauh lebih kecil dibanding yang ada dalam sinar matahari, namun banyaknya waktu yang kita gunakan dalam menggunakan smartphone ini membuat dampak yang cukup besar.

 

Dalam jangka panjang, sinar biru atau blue light dapat menghancurkan kolagen yang ada di wajah kita. Beauties masih ingat, kan? Di artikel sebelumnya kita sudah membahas fungsi kolagen untuk membantu menunda tanda penuaan pada wajah. Reaksi yang terjadi selama penyerapan sinar biru tersebut dapat menghasilkan radikal bebas yang bisa merusak kulit. Paparan rutin dan sering dari blue light membuat tampilan noda pada kulit atau hiperpigmentasi jadi lebih jelas. 

 

Wah, bahaya juga ya, Beauties! Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai melindungi kulit wajah meskipun hanya berada di dalam rumah. Sebisa mungkin, tetap gunakan sunscreen selama di dalam rumah dan mulai kurangi penggunaan gawai sehari-hari. Kita juga bisa memilih mode cahaya yang lebih hangat dan memancarkan lebih sedikit sinar biru. Pastikan juga Beauties menghindari bermain gawai di tempat tidur, apalagi dalam keadaan gelap, ya!